Saturday, April 2, 2016

IPA Kelas 6 SD Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup

Ciri Khusus Makhluk Hidup
Tuhan Yang Maha Esa menciptkan makhluk hidup sangat beraneka ragam, sehingga makhluk hidup yang ada di dunia memiliki ciri ciri khusus,  ciri inilah yang terkadang menjadi pembeda makhluk yang satu dengan yang lainnya, maka dari itu marilah kita mempelajari materii ciri khusus makhluk hidup.

Ciri Khusus Pada Hewan
Hewan merupakan salah satu makhluk hidup , dimana hewan juga memiliki ciri ciri khusus dalam hal ini ada beberapa hewan yang dapat dijadikan contoh, memiliki ciri khusus, seperti pada hewan hewan berikut ini :

  1. Cicak , Cicak merupakan hewan melata , hewan melata ini memiliki ciri khusus , ciri khusus pada cicak adalah memiliki sistem perket pada telapak kakinya, sehingga cicak dapat merayap pada dinding , tembok dan langit langit rumah, selain itu kemampuan cicak lainnya adalah cicak dapat memutuskan ekornya , fungsi cicik memutuskan ekornya adalah agar dapat menyelamatkan diri dari musuhnya, aksi cicak memutuskan ekornya disebut sebagai autotomi, selain kedua ciri khusus itu cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket, fungsi lidah ini adalah untuk menangkap mangasa, berupa serangga dan nyamuk.
  2. Bunglon , bunglon merupakan hewan melata yang memilik pergerakkan yang lambat , dalam sehari hari bunglon memangsa serangga , seperti belalang , capung dan jangkrik, ciri khusus pada bunglon memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah bunglon dapat menyamarkan warna kulit tubuhnya sesuai dengan daerah sekelilingnya , kamuflase ini digunakan bunglon untuk mencari mangsa juga menghindari dari musuh musuhnya. Aksi bunglon tersebut dapat disebut sebagai mimikri Ciri khusus lain adalah bunglon memiliki lidah panjang yang lengket digunakan untuk menangkap mangsa.
IPA Kelas 6 SD Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup


Ciri Khusus Pada Tumbuhan
Selain hewan tumbuhan juga memiliki ciri ciri khusus , dalam ciri khusus tumbahan juga terdapat keunikkan tersendiri dari setiap jenis tumbuhan yang ada , beberapa tumbuhan yang memiliki ciri khusus adalah sebagai berikut:

  1. Teratai , Teratai merupkan tumbuhan yang dapat hidup di air , dimana tumbuhan yang dapat hidup di air sering disebut sebagai tumbuhan hidrofit,  bentuk daun teratai adalah bulat , beberapa teratai ada yang berukuran kecil ada juga yang dapat tumbuh sampai dengan 1 – 2 M lebar daunnya, bentuk daun yang lebar ini memudahkan teratai untuk melakukan proses fotosintesis, dalam proses pertumbuhannya teratai tumbuh dari dasar air yang menjalar dimana membuat helai daun teratai terlihat mengapung, selain itu cara perkembangbiakkan teratai adalah dengan menggunakan biji dan tunas.
  2. Kentung Semar dan Venus , kantung semar merupakan tumbuhan pemakan daging alias tumbuhan karnivora , selain mamakan daging kantung semar juga dapat membuat makanananya sendiri dengan menggunakan proses fotosintesis seperti tumbuhan kebanyakan, bentuk dari tumbuhan kantung semar adalah seperti piala , hidup di rawa rawa yang dimana kandungan nitrogennya sedikit, oleh karan nitrogen yang sedikit inilah tumbuhan kantung semar memangasa serangga untuk mencukupi nitrogennya, dalam bentuknya tumbuhan kantung semar memiliki dinding bunga yang licin dimana juga mengeluarkan sebuah nektar alias madu, yang dimana nektar inilah yang dapat menarik serangga, ketika serangga menghisap nektar maka akan tergelincir oleh dinding licin kantung semar sampai ke dalam dasar kantung tersebut, disnilah tumbuhan kantung semar menyerap nitrogen dari serangga yang terperangkap. Serangga tidak akan bisa lolos karena kantung semar akan menutup. Tumbuhan lain yang memakan daging adalah Venus

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih