Monday, February 8, 2016

Materi Cabang Seni Dan Seni Musik Tradisional Nusantara

CABANG CABANG SENI

  1. Seni rupa adalah seni yang memiliki wujud atau bentuk baik 2 dimensi maupun 3 dimensi serta bisa dirasakan dengan tangan telanjang, serta dapat dilihat dengan mata telanjang. Seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni serta seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah seni yang lebih mengutamakan nilai keindahan, sedangkan seni rupa terapan adalah seni yang mengutamakan nilai kegunaan atau fungsi. Contohnya : lukisan, patung, relief, batik, dan karya tangan. 
  2. Seni tari adalah seni yang menghasilkan gerakan-gerakan yang indah. Gerakan dalam tarian berbeda dengan gerakan yang biasa kita lakukan. Seperti gerakan orang berjalan, didalam tarian, gerakan berjalan akan dirubah menjadi lebih santai dengan lenggak-lenggok yang dilakukan oleh seorang penari, sehingga memunculkan nilai keindahan.
  3. Seni sastra adalah seni sastra adalah seni yang berupa tulisan hasil ungkapan jiwa seseorang. Di setiap tulisannya mengandung ungkapan jiwa penulis yang sedang ia alami dengan kata-kata atau kalimat yang indah. Jadi bisa kita katakan bahwa tulisan-tulisan yang memiliki keindahan adalah seni sastra. Contohnya: puisi, pantun, cerpen dan karya tulis lainnya.
  4. Seni drama adalah seni yang berupa bentuk dan gerak, atau penyajian atau pementasan drama yang berupa dialog serta gerakan-gerakan (akting) yang dilakukan oleh setiap pemain drama. Adapun pendapat lain yang mengatakan bahwa seni drama adalah seni yang menampilkan sebuah cerita yang dibuat oleh penulis cerita yang diceritakan kembali oleh para pemain drama untuk dipentaskan.
  5. Seni musik adalah seni musik adalah penyajian karya seni yang berupa bunyi-bunyian atau suara untuk mengungkapkan ekspresi jiwa pembuatnya dan memiliki nilai keindahan. Macam-macam seni musik ada 3 yaitu :


    • Seni vokal/suara adalah bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh suara manusia (penyanyi) tanpa menggunakan alat musik. Dalam seni vokal ini, penyanyi harus menguasai teknik-teknik seni musik vokal. Teknik-teknik seni vokal antara lain intonasi, resonasi, serta artikulasi.
    • Seni instrumen adalah seni yang berasal dari instrumen atau alat-alat musik yang dimainkan. Seperti gitar, drum, rebana dan lain-lain.
    • Seni musik campuran (instrumen dan vokal) yaitu seni yang berasal dari instrumen (alat musik) dan vokal (suara). Jadi jenis seni musik ini adalah penggabungan dari seni musik instrumen (alat musik) dan vokal (suara). Sehingga terdengar sangat indah. Contohnya : bermain gitar sambil bernyanyi.
Materi Cabang Seni Dan Seni Musik Tradisional Nusantara


MUSIK TRADISISONAL NUSANTARA
Musik tradisional nusantara adalah musik yang lahir disuatu daerah dan dimiliki suatu daerah, yang membedakan adalah bahasanya (dialog) serta jenis instrumennya. Di beberapa daerah juga mempunyai jenis instrumen yang sama, tapi tetap ada ciri khasnya masing-masing. Musik tradisional juga mengalami pasang surut, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan pasang surutnya musik tradisional nusantara:

  1. Berkembang disuatu daerah dan tidak tersebar kedaerah lain. 
  2. Kurang ada rasa memiliki
  3. Tumbuh dan seirama dengan daerah setempat.

Musik tradisional nusantara juga memiliki fungsi yaitu, mengiringi sebuah tarian, untuk memeriahkan pesta, sebagai penghibur, serta untuk mengarak pengantin.

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih