Thursday, October 30, 2014

Materi Fisika Fluida Bergerak Dan Fluida Tidak Bergerak

Materi Fisika Fluida Bergerak Dan Fluida Tidak Bergerak  – Fluida tak lepas dari namanya zat cair , kali ini saya akan menerangakan fluida tak bergerak terutama adalah tekanan di dalam zat cair, Archimedes (287 – 212) adalah seorang keturunan yunani, dimana dia mendapatkan gelar dari pendidikan di alexandria, diamana alexandria adalah tempat pelajaran budaya – budaya yunani. Archimedes sendiri adalah pembuat atau peneumu sebuah skrup yang dapat digunakan untuk memompa air , pompa itu diberi nama skrup archimedes.

Fluida Bergerak Dan Fluida Tidak Bergerak

Pompa archimedes itu digunakan untuk memompa air sehingga ditemukanlah beberapa sifat – sifat karrol dan pengungkit dimana dia membangun sebuah model mekanis yang meniru gerakan bulan dan planet – planet. Hal itu juga di tujukan untuk memuaskan raja sujarcure. Selain hal tersebut ia juga menemukan cara untuk menentukan apakah mahkota raja itu terbuat dari emas asli atau tidak, dimana cara tersebut tanpa harus meleburnya dengan api. Itulah yang sampai sekarang disebut sebagai prinsip daya apung archimedes.

Penemuan dari sosok archimedes memang sangat bermanfaar bagi kehidupan manusia sampai sekarang, salah satu penemuannya adalah Fluida tidak bergerak. Pada fluida yang tidak bergera atau tidak mengalir seperti zat cair yang berada di dalam suatu tekanan yang tidak memiliki lubang.

Terlihat secara langsung maupun tidak langsung tentang tidak adanya perpindahan bagian – bagian zat itu. Dalam hal ini fluida menjadi sifat – sifat tertentu. Didalam Fluida terdapat beberapa macam faktor yang mengakibatan diam dan bergeraknya suatu fluida, yaitu : zat cair dan gas, dimana bergeraknya zat cair maupun diamnya zat cair mampu membuat bebeberapa istilah, istilah tersebut adalah Hidrolika dan Mekanika Fluida yang dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :

  • Hidrostatika : Mempelajari tentang gaya maupun tekanan di dalam zat cair yang diam.
  • Hidrodinamika : Mempelajari gaya-gaya maupun tekanan di dalam zat cair yang  bergerak ini adalah fluida bergerak.

Fluida bergerak sendiri memiliki gerakkan dasar yang berjumlah dua yang disebut aliran laminar dan aliran turbulen, jika aliran dinyatakan sebagai aliran laminar apabila setiap partikel yang melalui titik tertentu akan selalu memilki lintasan tertentu juga. Dari semua pernyataan diatas aliran trubulen adalah kebalikkannya.

Itulah beberapa materi fisika yang saya berikan tentang materi fisika fluida bergerak dan tidak bergerak , semoga materi tersebut dapat membantu anda semua untuk memahami materi di sekolah anda sehingga anda akan semakin mudah untuk memahami, penjelasan guru tentang materi ini.

1 comments:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Pegadaian (Persero)

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih