Tuesday, November 19, 2013

Manfaat Membaca Buku


Manfaat Membaca Buku – didalam buku tersimpan berjuta-juta ilmu itu lah yang dikatakan oleh banyak orang pada zaman dahulu yang menjadikan buku sebagai sumber ilmunya, Membaca adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang berupa tulisan dan ditangakp oleh indra mata dan diucapkan oleh mulut, ada banyak teknik untuk membaca terutama dalah teknik membaca cepat dalam membaca, pembacaan yang cepat dapat diadikan sebuah tes kecerdasan dan kecepatan otak seseorang karena dalam kecepatan membaca selain ketepatan yang dibutuhkan adalah kecepatn otak dalam berfikir dan kerja indra mata dalam mengamati setiap huruf yang dilihatnya, selain itu membaca juga dapat dijadikan sarana ilmu pengetahuan bagi sesorang terutama pelajar karena pelajar pada saat ini memanfaatkan buku untuk menerima ilmu pengetahuan yang berupa buku paket-buku paket, dan jika anda ingin tahu teknik membaca cepat silahkan baca artikel Teknik Membaca Cepat , tetapi apa sih manfaat membaca itu sendiri? Banyak yang menjadikan kegiatan membaca itu sangat membosankan dan jenuh, semua itu disebabkan tidak ada ketertarikan terhadap apa yang mereka baca sehingga merasakan kejenuhan, kejenuhan itu sendiri juga dapat disebabkan oleh rasa paksaan, kali ini pusat sekolah akan menjelaskan Manfaat dan pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari,

Manfaat Membaca Buku

  1. Membaca dapat menumbuhkan imajinasi, pernahkah kamu merasakan atau melakukan imajinasi, membaca buku kisah, biografi, membaca novel, komik dan lain sebagainya membuat kita melakukan kegiatan proses imajinasi, imajinasi sendiri akan membuat kita tidak menjadi stres karena merupakan saran hiburan yang sehat sehingga kita dapat tetap sehat dan tidak terbebani dengan masalah setiap hari.
  2. Membaca dapat menambah ilmu pengetahuan, dalam membaca maka yang terjadi kita akan memperoleh sebuah ilmu pengetahuan baik ilmu formal maupun non formal seperti kaidah, dan nasehat-nasehat bijak yang biasanya terdaapat dalam sebuah cerita novel , komik dan lain sebagainya, ilmu yang bertambah tersebut membuat kita akan lebih maju daripada orang lain karena memiliki pengetahuan yang lebih luas.
  3. Membaca dapat juga mengasah kemampuan anda dalam menulis, semua penulis yang hebat pasti pernah mengalami kesulitan dalam menemukan inspirasi menulisnya, dengan kesulitan menemukan inspirasi tersebut penulis membaca untuk menemukan inspirasi yang akan muncul ketika membca sesuatu tetapi harus tidak sama persis dengan apa yang diabaca.
  4. Terhindar dari penyakit, tahukah anda bahwa membaca juga dapat menjadi slah satu kegiatan sehat karena dapat mengindarkan kita dari penyakit, yakni penyakit alzheimer Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.
  5. Membaca dapat mengasah berfikir, proses membaca akan membuat kita mefikirkan maksud apa yang terkandung dalam suatu bacaab yang sedang dibaca karena ketika anda membaca sesuatu yang anda cari pastilah apa maksud dari bacaan tersebut, sehingga proses membaca dapat membuat anda terlatih dalam berfikir.
  6. Membaca dapat memanfaatkan pengalaman orang lain, banyak buku yang memberikan pengalaman seseorang secara nyata dan sangat terinspirasi dengan membaca buku tersebut kita mampu mengambil pengalaman dari membaca buku yang sangat bermanfaat tersebut, pembacaan yang dapat dijadikan pelajran bagi kita dari pengalaman sesorang akan membuat kita terinspirasi dan selalu ingin menjadi atau menjauhi segala pengalaman baik dan buruk yang telah ditulis oleh penulis buku yang kita baca.

Itulah beberapa manfaat membaca yang saya tulis setelah melakukan riset-riset dari sana sini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, dan meyakinkan kita bahwasanya membaca dapat membuat kita menjadi lebih cerdas sehat dan brwawasan tinggi. 

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih